Tips Terbaik Cara merawat Knalpot Motor 2 Langkah - Sebelum kita membahas dari tips terbaik cara merawat knalpot motor 2 langkah atau 2 tak, sebelum ke inti pembahasan tersebut terlebih dahulu kita baca pengertian dari sistem gas buang serta fungsi dari sistem gas buang. berikut dibawah ini :
Tips Terbaik Cara merawat Knalpot Motor 2 Langkah |
Gas buang ialah merupakan sistem sisa hasil pembakaran yang dihasilkan oleh pembakaran dari dalam ruang bakar mesin (engine). Sedangkan untuk Fungsi gas buang terdapat 4 (empat) inti yaitu
- Untuk menyalurkan gas buang hasil pembakaran dari dalam ruang bakar mesin (engine)ke atmosfer;
- Knalpot Meningkat kan tenaga mesin;
- Menurunkan Terjadinya Panas (over heating) pada mesin (engine); dan yang terakhir
- Meredam suara mesin;
Untuk Sobat Motrab semua, Berbicara knalpot tentu ada baiknya terlebih dahulu harus mengetahui apa arti sebuah knalpot Knalpot ialah pipa untuk
mengalirkan gas hasil pembakaran. peredam suara atau disebut juga muffler, yang berfungsi untuk meredam suara. knalpot juga merupakan salah satu penentu perhiasan suara kendaraan dan akan menjadi sebuah daya tarik jika motor tersebut mempunyai kualitas knalpot yang baik dan terawat. Dan dibagian peredam suara (muffler) terbagi dua jenis, yaitu :
1. Jenis Lurus (Straight Though)
Jenis ini terdiri dari sebuah pipa lurus yang
dilingkupi pipa berdiameter lebih besar.
Tips Terbaik Cara merawat Knalpot Motor 2 Langkah |
2. Jenis
berbelok (Reverse Flow)
Jenis
ini terdiri dari potongan-potongan pipa yang pendek dan sekat-sekat penahan
(baffles) guna menekan gas buang maju dan mundur sebelum keluar. Peredam
seperti ini menciptakan suatu ruang pemuaian yang dapat mengurangi suara gas
buang dan menahan semburan api.
Untuk Sistem proses pembakaran ini bahan bakar dari motor bakar
menghasilkan gas buang yang secara teoritis mengandung unsur CO, NO2,
HC, C, H2, CO2, H2O dan N2, dimana
banyak yang bersifat mencemari lingkungan sekitar dalam bentuk polusi udara.
Bengkel adalah tempat yang memungkinkan pencemaran
akibat gas buang dari kendaraan lebih tinggi dari area lain seperti jalanan ,
hal ini dikarenakan sumber pencemaran yang bergerak terkondisi menjadi sumber
pencemar tidak bergerak, sementara banyak sekali bengkel tidak melengkapi
sistem yang memadai mengatasi hal tersebut.
Konsentrasi emisi akan cepat bergerak naik bila
terakumulasi pada tempat yang tertutup dan tidak memiliki sistem ventilasi atau
sistem pembuangan yang memungkinkan pertukaran udara di dalam ruang dengan
udara segar dari luar ruangan. Hal ini sangat berbahaya terhadap pekerja dalam
ruangan tersebut khususnya bengkel kendaraan bermotor, pool, terminal, garasi
dan sejenisnya.
Emisi gas buang kendaraan bermotor dari
segala model mesin pembakaran di dalam (Internal combustion engine), dengan
penyempurnaan konstruksi dan teknologi yang diterapkan, tetap menghasilkan
emisi gas buang, hal ini terjadi karena perubahan wujud bahan bakar dan udara
pada saat terjadi proses pembakaran.
Setelah diperjelas melalui beberapa
tahapan diatas dapa kita ketahui bagaimana Tips Terbaik Cara Merawat Knalpot
Motor Langkah atau knalpot 2 Tak :
Tips Terbaik Cara Merawat Knalpot Motor 2
Langkah
ü
Perawatan oli samping
Hal yang utama kondisi oli dalam keadaan
bagus, dan bisa dipastikan untuk campuran bahan bakar oli tersebut
dapat berfungsi sebagai pelumas onerdil di dalam motor, juga bergunan membantu
memperlancar kinerja rasio mesin motor, untuk jenis notor 2 tak
harus dan wajib menggunakan oli samping guna untuk membantu melumasi bagian
piston, setang seher dan bearing as kruk, pastikan volume dan takaran oli harus
sesuai karena jika volume oli samping terlalu irit bisa menyebabkan mesin cepat
panas kemudian bisa terjadi mesin over heating dan jika terlalu boros
menyebabkan gas buang tidak sempurna dan asap yang keluarpun akan banyak sehingga
tenaga yang seharusnya primak ini akan jelas menghambat jalannya tenaga motor.
ü
Karburator
service secara berkala pada
karburator, cek komponen-komponen karburator terutama bagian pilot z main zet
dan sebagainya karena karburator merupakan bagian penting dalam pensuplai bahan
bakar. untuk karburator motor 2 langkah atau 2 tak akan terdapat banyak kotoran
yang mengendap hal itu dapat dikarenakan oleh campuran anatara bahann bakar
bensin dengan oli samping, tentunya hal tersebut akan mengganggu jalannya
performa motor pada saat dikendarai.
ü
Blok Silinder dan Silinder Head
Lakukan pembersihan dan bongkar blok
silinder karena untuk motor 2 tak mudah sekali terdapat kerak atau kotoran sisa
hasil pembakaran bensin yang bercampur dengan oli samping yang menempel pada
bagian piston dan kotoran yang melekat pada saluran pembuangan, jika sisa
pembakaran sudah terlalu banyak performa motor 2 tak akan menurun, tarikan
terasa berat dan suplai bahan bakar akan bertambah boros.
Tips Terbaik Cara merawat Knalpot Motor 2 Langkah |
ü Perawatan Knalpot
Perhatikan juga untuk
mengecek dan merawat knalpot motor 2 tak, tips merawat knalpot motor 2 langkah
atau 2 tak ini cukup mudah, cek secara berkala membersihkan knalpot motor 2
tak, salah satu hal yang harus dibersihkan yaitu muffler (Slaincer), agar dari sistem
gas buang maksimal dapat dipastikan suara yang keluar puas kembali segar.
ü Accu / Aki
Motor
2 tak merupakan aki basah. karena itu pasyikan kondisi air aki masing berfungsi
dalam menyuplai arus air listrik, terutama bagi yang menggunakan sistem CDI tipe
DC jangan biarkan air aki melewati batas maximum atau kurang dari batas
minimum, jika daya aki sudah melemah, segera ganti dengan yang baru karena jika
tetap dipaksakan aki lemah akan mengeluarkan korosi atau serbuk putih yang
menjalar hingga kabel - kabel utama penghubung listrik ke saluran lampu, dynamo
starter dan bagian lainnya. jika dibiarkan akibatnya komponen dynamo, kontak
mesin dan switch lampu bisa tidak berfungsi terkena dampaknya.
Tips Terbaik Cara merawat Knalpot Motor 2 Langkah |
ü Radiator
Untuk sistem
speda motor 2 Tak terbaru sebagian besar sudah menggunakan teknologi radiator
sebagai pendingin (cooling system), oleh karena itu dipastikan volume air
radiator dalam keadaan cukup agar terhindar dari overheating.
Tips Terbaik Cara merawat Knalpot Motor 2 Langkah |
Cek Kondisi Oli
Kondisi
oli sangat penting guna menjaga kualitas pelumasan terhadap komponen-komponen
motor seperti seher, stang dan ring seher, kruk as dan rasio motor, jika warna
dan kekentalan oli sudah tidak kental lagi dan warna oli mulai keruh itu
menandaka kelenturan dan lumasnya berkurang, oleh karena itu pergantian oli
secara teratur sangatlah penting dilakukan, gunakan oli berkualitas dan
disarankan jangan berganti-ganti merk oli.
Tips Terbaik Cara merawat Knalpot Motor 2 Langkah |
0 Response to "Tips Terbaik Cara merawat Knalpot Motor 2 Langkah"
Post a Comment