Sejarah Kiprahnya Kawasaki Ninja Di Indonesia ( Its Action
history Kawasaki Ninja at indonesian ) - Dari Sejarah Kiprahnya Kawasaki Ninja Di Indonesia Seperti
yang saya kira penulispun belum lahir untuk pada tahun itu :D Lantas dari mana Artikel ini diposting? penulis akan mencari berbagai artikel ini yang akurat dari sejarah kawasaki Ninja yang disesuaikan dari hasil produksi motor sport yang telah dikeluarkan Produk Kawasaki. Dari itu mari kita simak bagaimana dari sejarah Kiprahnya kawasaki ninja di Indonesia, sebagai berikut.
Sejarah Kiprahnya Kawasaki Ninja Di Indonesia |
Sejarah Kawasaki dimulai Pada tahun 1878 ketika Shozo
Kawasaki mendirikan perusahaan di Tokyo. Perusahaan ini bergerak dalam bidang
pembangunan kapal. Pada 1881, Kawasaki Hyogo Shipyard berdiri di Hyogo dan di
tahun 1896 merger dengan Tsukigi Shipyard dan membentuk Kawasaki Shipyard Corp.
Sampai dengan Perang Dunia II, Kawasaki juga memproduksi pesawat, lokomotif,
misil, kapal selam dan supertanker. Setelah perang Dunia II, pihak Sekutu
memisahkan divisi pembuat baja Kawasaki dan menjadi Kawasaki Steel Corporation.
Dan Pada 1949, Kawasaki
memutuskan untuk terjun ke industri motor dengan memproduksi mesin motor
bekerja sama dengan BMW Jerman (yang sebelumnya bekerja sama juga dalam
memproduksi pesawat terbang.
Baca sekilas Sejarah Kiprahnya Kawasaki Ninja Di Indonesia
Tahun 1949
Para insinyur dan teknisi pesawat terbang mulai membangun
KE (Kawasaki Engine) pada 1949. Tahun 1952 desain mesin KE-1 selesai dibuat dan
diproduksi massal mulai tahun 1953. Mesin berpendingin udara, 148cc, OHV, 4 tak
ini memiliki power maksimal sebesar 4 PS pada 4,000 rpm.
Dengan demikian Kawasaki
memproduksi sepeda motor utuh dengan nama Meihatsu 125 Deluxe dengan mengusung
mesin KB-5. Motor ini mampu melaju 81.5 kpj, rekor baru di kelasnya saat itu.
Dalam tes yang lain, mesinnya mampu melaju lebih dari 50,000 km tanpa henti dan
tidak mengalami kerusakan.
Tahun 1960
Kawasaki mengambil alih pabrik motor Meguro, salah satu
pabrikan motor Jepang pada waktu itu. Meguro merupakan satu-satunya pabrikan
Jepang yang membuat motor 500cc 4 tak (waktu itu). Meguro bahkan lebih senior
daripada Honda, Yamaha dan Suzuki. Pada 1962, namanya diubah menjadi Kawasaki
Motorcycles.
Tahun 1961
Kawasaki Motorcycles memproduksi motor utuh pertamanya,
sejak mengakuisisi Meguro, dengan nama B8 bermesin 125 cc 2 tak.
Tahun 1962
Kawasaki merilis motor-motor 2 taknya yang memiliki
kapasitas mesin 50-250 cc dengan nama Samurai.
Tahun 1966
Kawasaki memproduksi motor W1 650. Ini motor Jepang
pertama yang memiliki cc besar. Mengandalkan mesin 647cc, 4 tak, 2 silinder
paralel, berpendingin udara, dengan power maksimum 47 dk pada 6.500 RPM. Motor
ini diadaptasi dari British Bike BSA A7.
Motor ini dikembangkan tahun 1967 menjadi W1SS dengan
perubahan pada exhaust muffler. Motor W1 ini terus dikembangkan menjadi W2SS
dengan double karburator. Pada 1973 lahir W3 dengan dual disc front brake.
Produksi W series ini discontinue pada 1974.
Tahun 1969
Kawasaki juga mengembangkan H1 dengan mesin 500 cc, 3
silinder, 2 tak. H1 juga dikenal dengan nama Mach III. H1 merupakan motor
produksi massal yang terkencang untuk drag race ¼ mil. Dirilis juga H1R 500 cc
untuk keperluan balap.
Pada saat yang sama, Kawasaki juga mengembangkan seri S1
bermesin 250 cc dan S2 dengan mesin 350 cc.
Tahun 1972
Kawasaki merilis motor cc besar yaitu H2 atau Mach IV
bermesin 750 cc 2 tak.
Tahun 1973
Kawasaki memproduksi motor 4 tak pertamanya sesudah W
series dengan merilis Z1 903 cc dengan DOHC. Motor ini yang di kemudian hari
menjadi cikal bakal Kawasaki Z-1000.
Tahun 1974
Kawasaki mulai memproduksi motor dengan cc yg lebih
kecil. Waktu itu ada A1 Samurai bermesin 250 cc dan A7 Avenger 350 cc.
Produk-produk ini cukup sukses di pasaran dibandingkan W series.
Tahun 1978
Motor Kawasaki dengan big-bore diperkenalkan, yaitu
KZ-1300 berpendingin air, 6 silinder dan berpenggerak gardan. KZ-1300 kemudian
dikembangkan dengan digital fuel injection dan dengan versi full touring
fairing dan diberi nama Voyager. Dipasarkan dengan moto "a car without
doors).
Tahun 1983
Motor berpendingin air 4 silinder, DOHC, 16 valves, 908
cc dengan nama GPZ900R Ninja diperkenalkan di Laguna Seca. Catat: inilah motor
pertama Kawasaki yang diberi nama NINJA. Tahun 1984, namanya tercatat di buku
rekor sebagai motor terkencang (waktu itu). Kelak motor ini akan digantikan
oleh Kawasaki ZZ-R1100.
Tahun 1989
ZXR yang pertama lahir dengan mesin 750 cc dan 400 cc.
Dari sinilah Awal Kiparnya Menjadi motor Kawasaki di Indonesia lewat distributor PT. Bintang Terang yaitu Kawasaki Binter.
Binter KZ200
Lebih dikenal dengan nama Binter Merzy. Bermesin 200cc 4
tak dan silinder tunggal. Motor ini beredar tahun 1980-1984. Binter Mercy
terakhir yang diproduksi bernama Merzy Cobra.
Binter Joy
Berjenis motor bebek 4 tak, 1 silinder, 100 cc.
Binter KE 125
Berjenis motor semi-trail bermesin 125 cc, 2 tak.
Binter AR125
Berjenis sport touring bermesin 2 tak, 1 silinder, 125 cc
dan monoshock.
Binter GTO
Motor sekelas Suzuki A100 dan Yamaha RX100, bermesin 2
tak 100 cc.
PT. Bintang Terang mengakhiri kiprahnya pada tahun 1984
(ada yang bilang 1985).
Kawasaki memulai lagi kiprahnya di Indonesia pada tahun
1996 dengan bendera PT. Kawasaki Motor Indonesia, dengan mengeluarkan seri
motor sport dan bebek, hingga motor dual purpose. Yaitu :
Ninja Series
Kawasaki Ninja 1996
KMI merilis motor sport bermesin 2 tak, silinder tunggal,
150 cc dengan nama Ninja 150. Kode produksi KR150C dengan kode mesin 1855.
Kawasaki Ninja 1997
Kawasaki Ninja 150 berubah nama menjadi Ninja 150R dengan
kode produksi KR150J dengan kode mesin 1855.
Kawasaki Ninja 2002
Varian Ninja di Indonesia bertambah dengan masuknya Ninja
150RR. Diimpor built up dari Thailand dengan kode produksi KR 150K dengan
teknologi KIPS dan menggunakan fairing. Kode mesin 1878.
Kawasaki Ninja 2006
Keluar Ninja 150R dan Ninja 150RR yang baru dengan
teknologi Super KIPS, HSAS dan catalytic converter. Kode mesin menjadi 1855.
Kawasaki Ninja 2008
Ninja 4 tak dirilis di Indonesia. Berbekal mesin 250 cc,
2 tak, 2 silinder dan 2 karburator.
Goodluck Kawasaki Ninja Indonesia!!!
0 Response to "Sejarah Kiprahnya Kawasaki Ninja Di Indonesia"
Post a Comment