Ads

Sejarah Kiprahnya Kawasaki Ninja Di Indonesia

Sejarah Kiprahnya Kawasaki Ninja Di Indonesia ( Its Action history Kawasaki Ninja at indonesian ) - Dari Sejarah Kiprahnya Kawasaki Ninja Di Indonesia Seperti yang saya kira penulispun belum lahir untuk  pada tahun itu :D Lantas dari mana Artikel ini diposting? penulis akan mencari berbagai artikel ini yang akurat dari sejarah kawasaki Ninja yang disesuaikan dari hasil produksi motor sport yang telah dikeluarkan Produk Kawasaki. Dari itu mari kita simak bagaimana dari sejarah Kiprahnya kawasaki ninja di Indonesia, sebagai berikut.
Sejarah Kiprahnya Kawasaki Ninja Di Indonesia
Sejarah Kawasaki dimulai Pada tahun 1878 ketika Shozo Kawasaki mendirikan perusahaan di Tokyo. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pembangunan kapal. Pada 1881, Kawasaki Hyogo Shipyard berdiri di Hyogo dan di tahun 1896 merger dengan Tsukigi Shipyard dan membentuk Kawasaki Shipyard Corp. Sampai dengan Perang Dunia II, Kawasaki juga memproduksi pesawat, lokomotif, misil, kapal selam dan supertanker. Setelah perang Dunia II, pihak Sekutu memisahkan divisi pembuat baja Kawasaki dan menjadi Kawasaki Steel Corporation.
Dan Pada 1949, Kawasaki memutuskan untuk terjun ke industri motor dengan memproduksi mesin motor bekerja sama dengan BMW Jerman (yang sebelumnya bekerja sama juga dalam memproduksi pesawat terbang.

Baca sekilas Sejarah Kiprahnya Kawasaki Ninja Di Indonesia
Tahun 1949
Para insinyur dan teknisi pesawat terbang mulai membangun KE (Kawasaki Engine) pada 1949. Tahun 1952 desain mesin KE-1 selesai dibuat dan diproduksi massal mulai tahun 1953. Mesin berpendingin udara, 148cc, OHV, 4 tak ini memiliki power maksimal sebesar 4 PS pada 4,000 rpm.

Dengan demikian Kawasaki memproduksi sepeda motor utuh dengan nama Meihatsu 125 Deluxe dengan mengusung mesin KB-5. Motor ini mampu melaju 81.5 kpj, rekor baru di kelasnya saat itu. Dalam tes yang lain, mesinnya mampu melaju lebih dari 50,000 km tanpa henti dan tidak mengalami kerusakan.

Tahun 1960
Kawasaki mengambil alih pabrik motor Meguro, salah satu pabrikan motor Jepang pada waktu itu. Meguro merupakan satu-satunya pabrikan Jepang yang membuat motor 500cc 4 tak (waktu itu). Meguro bahkan lebih senior daripada Honda, Yamaha dan Suzuki. Pada 1962, namanya diubah menjadi Kawasaki Motorcycles.

Tahun 1961
Kawasaki Motorcycles memproduksi motor utuh pertamanya, sejak mengakuisisi Meguro, dengan nama B8 bermesin 125 cc 2 tak.
Tahun 1962
Kawasaki merilis motor-motor 2 taknya yang memiliki kapasitas mesin 50-250 cc dengan nama Samurai.
Tahun 1966
Kawasaki memproduksi motor W1 650. Ini motor Jepang pertama yang memiliki cc besar. Mengandalkan mesin 647cc, 4 tak, 2 silinder paralel, berpendingin udara, dengan power maksimum 47 dk pada 6.500 RPM. Motor ini diadaptasi dari British Bike BSA A7.
Motor ini dikembangkan tahun 1967 menjadi W1SS dengan perubahan pada exhaust muffler. Motor W1 ini terus dikembangkan menjadi W2SS dengan double karburator. Pada 1973 lahir W3 dengan dual disc front brake. Produksi W series ini discontinue pada 1974.
Tahun 1969
Kawasaki juga mengembangkan H1 dengan mesin 500 cc, 3 silinder, 2 tak. H1 juga dikenal dengan nama Mach III. H1 merupakan motor produksi massal yang terkencang untuk drag race ¼ mil. Dirilis juga H1R 500 cc untuk keperluan balap.
Pada saat yang sama, Kawasaki juga mengembangkan seri S1 bermesin 250 cc dan S2 dengan mesin 350 cc.
Tahun 1972
Kawasaki merilis motor cc besar yaitu H2 atau Mach IV bermesin 750 cc 2 tak.
Tahun 1973
Kawasaki memproduksi motor 4 tak pertamanya sesudah W series dengan merilis Z1 903 cc dengan DOHC. Motor ini yang di kemudian hari menjadi cikal bakal Kawasaki Z-1000.
Tahun 1974
Kawasaki mulai memproduksi motor dengan cc yg lebih kecil. Waktu itu ada A1 Samurai bermesin 250 cc dan A7 Avenger 350 cc. Produk-produk ini cukup sukses di pasaran dibandingkan W series.
Tahun 1978
Motor Kawasaki dengan big-bore diperkenalkan, yaitu KZ-1300 berpendingin air, 6 silinder dan berpenggerak gardan. KZ-1300 kemudian dikembangkan dengan digital fuel injection dan dengan versi full touring fairing dan diberi nama Voyager. Dipasarkan dengan moto "a car without doors).
Tahun 1983
Motor berpendingin air 4 silinder, DOHC, 16 valves, 908 cc dengan nama GPZ900R Ninja diperkenalkan di Laguna Seca. Catat: inilah motor pertama Kawasaki yang diberi nama NINJA. Tahun 1984, namanya tercatat di buku rekor sebagai motor terkencang (waktu itu). Kelak motor ini akan digantikan oleh Kawasaki ZZ-R1100.
Tahun 1989
ZXR yang pertama lahir dengan mesin 750 cc dan 400 cc.

Dari sinilah Awal Kiparnya Menjadi motor Kawasaki di Indonesia lewat distributor PT. Bintang Terang yaitu Kawasaki Binter. 
Binter KZ200
Lebih dikenal dengan nama Binter Merzy. Bermesin 200cc 4 tak dan silinder tunggal. Motor ini beredar tahun 1980-1984. Binter Mercy terakhir yang diproduksi bernama Merzy Cobra.

Binter Joy
Berjenis motor bebek 4 tak, 1 silinder, 100 cc.

Binter KE 125
Berjenis motor semi-trail bermesin 125 cc, 2 tak.

Binter AR125
Berjenis sport touring bermesin 2 tak, 1 silinder, 125 cc dan monoshock.

Binter GTO
Motor sekelas Suzuki A100 dan Yamaha RX100, bermesin 2 tak 100 cc.

PT. Bintang Terang mengakhiri kiprahnya pada tahun 1984 (ada yang bilang 1985).

Kawasaki memulai lagi kiprahnya di Indonesia pada tahun 1996 dengan bendera PT. Kawasaki Motor Indonesia, dengan mengeluarkan seri motor sport dan bebek, hingga motor dual purpose. Yaitu :

Ninja Series
Kawasaki Ninja 1996
KMI merilis motor sport bermesin 2 tak, silinder tunggal, 150 cc dengan nama Ninja 150. Kode produksi KR150C dengan kode mesin 1855.

Kawasaki Ninja 1997
Kawasaki Ninja 150 berubah nama menjadi Ninja 150R dengan kode produksi KR150J dengan kode mesin 1855.

Kawasaki Ninja 2002
Varian Ninja di Indonesia bertambah dengan masuknya Ninja 150RR. Diimpor built up dari Thailand dengan kode produksi KR 150K dengan teknologi KIPS dan menggunakan fairing. Kode mesin 1878.

Kawasaki Ninja 2006
Keluar Ninja 150R dan Ninja 150RR yang baru dengan teknologi Super KIPS, HSAS dan catalytic converter. Kode mesin menjadi 1855.

Kawasaki Ninja 2008
Ninja 4 tak dirilis di Indonesia. Berbekal mesin 250 cc, 2 tak, 2 silinder dan 2 karburator.

Goodluck  Kawasaki Ninja Indonesia!!!





0 Response to "Sejarah Kiprahnya Kawasaki Ninja Di Indonesia"

Post a Comment