Tips Trabas- Di postingan sebelumnya www.motortrabas.com membahas seputar modifikasi Motor Trail dan modifikasi motor lainnya, dipostingan kali ini www.motortrabas.com akan sedikit membahas bagai mana persiapan menjalani salah satu hobi yang satu ini yaitu TRABAS bisa berjalan dengan baik dan lancar.
TIPS TRABAS- WWW.MOTORTRABAS.COM |
Tentang Lahan dan Ukuran Ban
Tips Trabas : Lahan Adventure :
- Lahan rerumputan kering
- Lahan rerumputan basah
- Lahan Lumpur
- Aspal hitam kasar + pasir/kerikil
- Aspal hotmix + pasir/kerikil
Tips Trabas : Ukuran Udara Ban Adventure :
Merk Ban Swallow F:2,75/21 - R:400/18 dengan safety standar, ialah sebagai berikut :
- Tanah kering > mudah sekali kec. rata2 > 60-80kpj (ban jgn terlalu keras, lebih baik kalo sedikit lembek utk mengurangi daya banting/getar)
- Tanah basah > agak ngepot kec. rata2 > 50-70kpi
- Tanah lumpur > diperlukan motor dgn kopling yg stabil.. krn bakal sering main paksa kopling buat nambah tenaga kec. rata2 menurut kondisi lumpu.
- Pasir kering > mudh kalo track lurus, agak susah nikung krn ban depan biasanya terbenam ke pasir.
- Pasir basah > lebih mudah dr pasir kering... lebih mudah dari tanah lumpur.. krn pasir basah lebih padat dari pasir kering.
- bebatuan > perlu ketelitian/ketajaman mata... krn antara batu dan batu lainnya perlu prediksi ketat... batu itu sendiri adalah rintangan/halangan... setelah lewati satu batu siap2 buat batu berikutnya... medan ini sangat sulit...dan biasanya diperlukan nyali lebih besar.
- sungai > inilah medan yg sangat was-was.. biasanya sungai yg kami lewati rata2 kedalaman 1m dalam kondisi motor hidup dan arus yg sangat deras. artinya selain menjaga mesin tetap hidup... kami jg hrs menjaga agar tdk terseret arus.. (pengalaman : survey bagian sungai yg paling dangkal lalu nyebrang ikuti arus)
- rumput kering > sama mudahnya dgn tanah kering.
- rumput basah > hampir sama dgn tanah basah, cuman bagi saya lebih mudah tanah basah... karena nyesotnya dapat diprediksi.
- Aspal hitam/hotmix berkerikil/pasir > mudah saja yg penting konsentrasi. kendalanya hanya di tikungan saja, nah kurangi kecepatan, lalu posisikan mesin pada powerfull agar jika oleng/nyesot dapat langsung segera diberikan tenaga agar seimbang lagi.
KESIMPULAN Tips Trabas :
Inti dari semuanya di atas adalah penguasaan tikungan dalam segala medan dan segala cuaca dalam kecepatan tinggi dengan motor yg sehat. Jika anda mampu memainkan roda belakang ala "speedway style" maka dijamin anda 100% mampu kuasai segala medan tentunya NYALI adalah no. wahid. karena yg sering terjadi ketika adventure adalah tikungan maut, lubang nyasar, gundukan hantu dan lumpur gila...
nikung
Tips Trabas - mudah saja kalo pelan, nah dlm kec. tinggi? tentunya yg berperan disini adalah permainan roda belakang dgn sedikit bantuan rem belakang. lubang bisa saja di rem kalo pelan tapi dalam kec. tinggi? maka lewatilah lubang dengan jamp atau trobos langung krn motor trail diciptakan untk itu. gundukan adalah sesuatu mimpi indah dalam adventure Tips Trabas,and…Jump…jump…. (DONT TRY THIS AT HOME). Dari berbagi sumber.
0 Response to "Tips Trabas "
Post a Comment