Cara membuat CDI sendiri- jika di postingan sebelumnya motortrabas.com membahas seputar sekilas modifikasi kali ini saya akan membahas seputar di Postingan kali ini mungkin sedikit menguak "sejarah" elektronika pada
dunia otomotif. Sekedar review dari tulisan
"http://mitrabaterai.blogspot.co.id/2014/02/cara-mudah-membuat-cdi-motor-tipe-ac.html"
tentang cara membuat CDI (capacitor discharge ignition) dengan komponen seadanya yang terdapat di pasaran dengan hasil yang sangat memuaskan.
Apabila di blog tersebut pembuatan rangkaian hanya asal - asalan hanya
dengan menggunakan PCB lubang, maka Penulis berusaha merancangnya agar
bentuk lebih mungil dan rapi tentu saja.
Tanpa berlama - lama di bawah ini adalah skema asli dari blog diatas yang sudah Penulis gambar ulang.
konsep pembuatan skema cdi sendiri type ac |
Disini pnulis kesulitan mendapatkan konektor untuk CDI ini, maka
Penulis membongkar CDI lama yang sudah rusak untuk diambil konektornya.
Kemudian konektor tersebut disambungkan dengan menggunakan kabel. Untuk
kabel penghubungnya gunakanlah kabel yang tebal, Penulis menggunakan kabel
bekas PSU komputer.
konektor cdi |
adapun skema angka dari konektor diatas
skema angka / pin-pin konektor cdi |
Perhatian :
Soket / konektor diatas adalah khusus untuk
motor merek "HONDA". Apabila akan digunakan untuk motor merek lain,
harap disesuaikan sendiri.
Layout PCB yang sudah penulis buat adalah sebagai berikut :
|
skema kabel cdi
Dalam prakteknya nilai capasitor 1 - 2uF Penulis ganti dengan 2,2uF.
CDi Yang sudah jadi
Apabila para Pembaca yang budiman memperhatikan antara rangkaian yang sudah jadi diatas dengan layout, mungkin terdapat sedikit perbedaan pada posisi dioda yang terletak di dekat capasitor 2,2uF. Tata letak komponen yang diatas sudah Penulis koreksi sehingga silakan mencontoh layout diatas.
Rangkaian dan konektor
rangkaian dan konektor
Pada dua foto diatas, terdapat perbedaan, foto yang pertama adalah prototype yang masih salah pada posisi dioda, sedangkan foto kedua (bawahnya) sudah penulis koreksi, dioda penulis lepas dan langsung disolderkan pada bagian bawah PCB sehingga kalau dihitung cuma ada 4 buah.
Akhirnya tibalah saat pengetesan. Rangkaian CDI homebrew Penulis sambungkan soketnya dengan yang ada di motor. Penulis memasangkannya pada motor Honda Supra Fit kesayangan Penulis.
CDI homebrew yang sudah dipasangkan pada motor
Bagaimanalah hasilnya ? Hanya satu kata jawabannya ... "MANTAP", tidak salah apabila pada blog sumber tulisan ini menyebutnya sebagai High Performance CDI. Tarikan motor terasa mantap dan menjadi lebih gesit, bahkan ada yang menyebutnya seperti motor baru (padahal motor Penulis sudah berusia 11 tahun).
Untuk melindungi rangkaian CDI tersebut, akhirnya rangkaian Penulis masukkan dalam wadah sabun gelembung mainan anak - anak. Penulis tidak berusaha mengecornya dengan menggunakan resin, sehingga apabila ada kerusakan komponen bisa langsung diganti.
Rangkaian CDI yang sudah dimasukkan dalam wadah
Pada bagian mulutnya Penulis segel dengan menggunakan lem bakar, tetapi rangkaian bisa dengan mudah dilihat dengan cara memutar tutup wadah.
CDI cadangan untuk cadangan
Sekedar ide, konektor CDI cukup satu saja, tetapi rangkaian bisa kita ganti-ganti dengan memanfaatkan terminal sebagai sambungannya.\
Demikian review dari tulisan : "http://mitrabaterai.blogspot.co.id/2014/02/cara-mudah-membuat-cdi-motor-tipe-ac.html". Bila para Pembaca berminat untuk mencobanya, dibawah ini Penulis sertakan desain PCB rangkaian CDI type AC.
PCB ukuran 2,8 x 2,6 cm
Akhirnya Penulis ucapkan selamat mencoba & semoga sukses selalu.
http://www.jualrangka.online/ update terus !!!!
|
0 Response to "Cara Pembuatan CDI "
Post a Comment